kesehatan
  Asalam mualaikum sobat!.Kunyit disebut cur-Cuma longa linn. Atau C domestica val. Termasuk kedalam family tumbuhan zingiberaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah. Kunyir, koneng temen, kunir, cahang, hunik, kunyit, atau kurlai. Nama asingnya turmeric. Nama simplisia rhizome curcuma longea.

* Sifat kimiawi
Tumbuhan ini sangat kaya dengan kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain: azadirachtin, minyak gliserida, asam asetiloksifuranil-dekahidrote trametil oksosiklopentanatolfuran asetat keton; heksahidro hidroksitetrametil-fenantenon ( nimbol )

* Efek farmakologis

Dalam farmakologi cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat, rasa pahit ( kecuali daging buah manis ), netral, anti diabetis, anti diare,anti piretik dan anti bilious, merangsang/mengaktifkan kelenjar-kelenjar.

* Penyakit yang dapat disembuhkan:
- Demam

- Dispepsia ( perut kembung, nyeri, mual, tidak nafsu makan )

- Terlambat haid

- Eksim

- Keputihan

- Radang rahim, radang usus buntu, hepatitis dan sakit kuning.

- Gatal akibat cacar air

- Radang gusi

- Radang amandel

- Tekanan darah tinggi

* Cara penggunaannya

Berdasarkan berbagai literature yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai Negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut:

* Demam

Rimpang segar 20 gr dicuci lalu diparut. Tambahkan ½ gelas air matang lalu diaduk merata, peras dengan sepotong kain. Air perasannya diminum. Lakukan 2 kali sehari.

* Dispepsia ( perut kembung, nyeri, mual, tidak nafsu makan )

Rimpang segar 50 gr dibersihkan lalu diparut. Tambahkan 3 sendok air, aduk merata lalu diperas dan disaring, dibagi untuk 3 kali minum.

* Terlambat haid

Rimpang kunyit dan daun sri gading masing-masing 15 gr, biji pala dan kapulaga 10 gr ketumbar, jinten hitam dan cengkeh masing-masing 5 gr, dipotong-potong seperlunya lalu direbus dengan 3 gelas air, sampai tersisa 1 gelas. Setelah disaring, dibagi untuk tiga kali minum.

* Eksim

Rimpang yang tua sebesar ibu jari, diparut. Tambahkan satu sendok the air kapur sirih dan perasan 1 buah jeruk nipis, aduk sampai merata, oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

* Keputihan

Kunyit sebesar ibu jari yang cukup tua dikupas dan diparut. Tambahkan ¾ cangkir larutan air asam dan gula jawa, aduk merata. Peras dengan sepotong kain, minum. Lakukan tiap hari.

* Radang rahim, radang usus buntu, hepatitis dan sakit kuning.
Rimpang ½ jari, cuci, parut. Tambahkan 2 sendok makan air dan 1 sendok makan madu. Peras, saring, minum 3 kali sehari.

* Gatal akibat cacar air

Ambil segenggam daun asam dan sepotong kunyit. Setelah dicuci, digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan kebagian yang gatal.

* Radang gusi
Tiga potong gambir dan ½ jari kunyit dicuci lalu diiris tipis-tipis. Rebus dengan 2 gelas air, sampai tersisa satu gelas. Pakai untuk kumur-kumur lakukan 3-4 kali sehari.

* Radang amandel

½ jari kunyit dicuci, parut, tambahkan 2 sendok makan air. aduk sampai merata lalu diperas. air perasannya ditambah 1 butir kuning telor ayam dan sedikit air kapur sirih. Adonan dikocok merata lalu diminum. Lakukan 1-2 kali sehari.

* Tekanan arah tinggi

Rimpang ½ jari, diparut, tambahkan 1 sendok makan madu, aduk, peras dan minum. Lakukan sehari 2-3 kali…
Baca manfaat tanaman obat lain nya disini.. Manfaat Dan Kegunaan Tumbuhan Beluntas

3 komentar:

  1. manfaatnya banyak juga ya gan :) hemm makasih sharingnya

    ReplyDelete
  2. rempah - rempah yang ada di indonesia ini memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. salah contohnya seperti kunyit ini
    thanks mas :))

    ReplyDelete

Anda Sopan Kami Segan!..
- No Spam
- No Porno
- No Like Aktif

 
Top