kesehatan
   Asalam mualaikum sobat!.Andong disebut caryline fruticosa (linn) A cheval atau cardyline (L) kunth termasuk dalam family tumbuhan liliaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah andong, hangjuang atau bakjuang.

* Sifat kimiawi

Kandungan tanaman ini belum banyak diketahui sehingga kegunaan tanaman ini diketahui berdasarkan pengalaman turun temurun..

* Efek farmakologi

Tumbuhan ini bersifat: menyejukkan darah, menghentikan pendarahan, menghilangkan bengkak karena memar ( anti swelling ).dalam farmakologi cina disebut tumbuhan ini memiliki rasa manis, ambar dan sejuk.

* Bagian tanaman yang digunakan.
Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan bunga, akar, dan daun.

* Penyakit yang dapat disembuhkan.

- TBC paru dengan batuk darah

- Ancaman aborsi, menstruasi yang banyak

- nyeri lambung dan ulu hati

- Air kemih berdarah, tidak menstrusi

- Radang gusi

- Sengatan ikan swanggi

* Cara penggunaannya.
Berdasarkan berbagai literature yang mencatat pengalaman secara turun temurun dari berbagai Negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut.

* TBC paru dengan batuk darah
Daun kering 15-30 gr, atau bunga kering 9-15 gr atau akar kering 6-10 gr direbus dan diminum.

* Ancaman aborsi, menstruasi yang banyak

kering 15-30 gr, atau bunga kering 9-15 gr atau akar kering 6-10 gr direbus dan diminum.

* Nyeri lambung dan ulu hati
Daun 15-30 gr atau bunga 9-15 gr atau akar 6-10 gr direbus, dan diminum air rebusannya secara teratur.

* Air kemih berdarah, tidak menstrusi

Daun segar 60-100 gr atau akar 30-60 direbus dan diminum airnya.

* Radang gusi

Kulit batang andong dikikis diberi garam sedikit dan dioleskan pada tempat yang sakit.

* Sengatan ikan swanggi

Daun dipipis dipanaskan dan diurapkan kebagian yang luka.

Baca juga mengenai manfaat dan kegunaan tumbuhan lainnya Disini atau Dimari

37 komentar:

  1. wah... ternyata ada tumbuhan bernama andong, saya baru tau, hehehe...

    ReplyDelete
  2. Banyak sekali rupanya manfaat tumbuhan andong...Di tempat saya namnya Lin Juang, dibiarkan tumbuh begitu saja karena memang belum banyak yang tau kasiatnya, mas. Terima kasih sharingnya..

    ReplyDelete
  3. duh banyak juga yah manfaatnya, makasih infonya

    ReplyDelete
  4. tumbuhan andong cukup banyak ditanam oleh para warga, umumnya dipake untuk pengobatan ibu ibu yang menstruasinya ngga lancar....emang manjur juga seh kayanya.

    ReplyDelete
  5. say ssering melihat tanaman seperti gambar diatas.. tapi baru tahu nama dan keasiatnya dari posting ini.. terimakasih informasi bergunanya,, klo tetangga ada yg punya masalah seperti diatas coba aku reeferensikan pakai cara ini

    ReplyDelete
  6. waah ternyata tumbuhan andong kaya akan manfaat yaa :) hemmb

    ReplyDelete
  7. manfaat nya banyak juga ya lang

    ReplyDelete
  8. oh itu namanya andong ya. Baru tau Mas. :d padahal di belakang rumah ada tuh tumbuh di pojokan. ternyata banyak manfaatnya pula ya, saya kira cuma sebagai tanaman hias saja.

    ReplyDelete
  9. apakah tanaman ini juga bisa meredakan gusi berdarah? karena saya baca bisa untuk radang gusi

    ReplyDelete
  10. Aku pikir andong kayak delman. Heheh.. Ternyata nama tumbuhan toh. Banyak manfaatnya ya :)

    ReplyDelete
  11. Saya sering lihat tanaman ini, cuman baru tahu kalau namanya ternyata Andong :)

    ReplyDelete
  12. saya malah belum pernah lihat nih tumbuhan andong, sepertinya bagus dan bermanfaat juga ya untuk kesehatan :)

    ReplyDelete
  13. kalo yang ini ane jarang lihat gan,, tapi sepertinya manfaatnya lebih dominan ke bagian dalam tubuh ya,,

    ReplyDelete
  14. izin Nyimak Artikel gan :D
    btw Nice Posting gan :)

    Andrekocak Blog - Cerita Dewasa Terbaru

    ReplyDelete
  15. ternyata tanaman ini kaya akan manfaat, saya baru tahu gan, thanks infonya

    ReplyDelete
  16. saya baru tahu tumbuhan andong ini mas, ternyata banyak juga manfaatnya yah, kayaknya perlu nanem nih tumbuhan andong di pekarangan.

    ReplyDelete
  17. tumbuhan ini banyak sekali di tempat saya...tapi baru tahu kalau namanya itu tumbuhan andong dan ternyata khsiatnya banyak sekali...trimakasih ya sudh berbagi :)

    ReplyDelete
  18. saya baru dengar tumbuhan ini ternyata banyak juga manfaatnya ya :)

    ReplyDelete
  19. Entar nanya dulu ke para tetangga tentang yang mana tumbuhan andong ini.
    Terimakasih telah memberi ilmu

    ReplyDelete
  20. wah baru tahu tumbuhan andong ini mas. boleh dicoba nih kapan-kapan ya. Thansk sudah share :)

    ReplyDelete
  21. baru pertama kali saya melihat tumbuhan ini.. baru tahu banyak manfaatnya..

    ReplyDelete
  22. wah saya baru tau nih tumbuhan ini, ternyata banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete
  23. klo sya dlu buat ngobatin penyakit di kaki

    ReplyDelete
  24. terima kasih mas ats informasinya sangat berguna...

    ReplyDelete
  25. Nice posting gan :)
    Ijin Simak postingan ~

    Kumpulan Cerita Dewasa Terbaru

    ReplyDelete
  26. wah.. saya baru dengar tumbuhan ini mas..

    ReplyDelete
  27. wah nama tumbuhannya aja saya mah baru tahu nie mas, banyak juga manfaatnya ya, thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  28. Thanks, we appreciate your articles. Good day! DB Product Review

    ReplyDelete
  29. Info yang bermanfaat, apakah jenis tumbuhan ini langka..?

    ReplyDelete
  30. howalah malah baru tau namanya andong
    kirain sado alias delman.. :D

    ReplyDelete
  31. saya malah baru tahu kalau tanaman itu namanya andong

    ReplyDelete
  32. sebelumnya saya juga pernah lihat tumbuhan ini.. tapi gak tau kalau manfaatnya baik seperti ni
    abang ipar saya terkena penyakit TBC paru dengan batuk darah.
    makasih ya sob udah menginfokan..

    #Blogwalking_Setia

    ReplyDelete
  33. saya benar benar baru tau tumbuhan ini banyak manfaatnya padahal di kampung saya lumayan banyak tumbuhan kaya gituan. malahan di kampung saya suka di pake batas tanah

    ReplyDelete
  34. wah manfaatnya gan ckckc berguna bngt :D

    Cerita Dewasa

    ReplyDelete
  35. wah banyak juga kegunaaannya, ilmu yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  36. ooh, ini tanaman kalo di kampung saya di kasih makan ke sapi yang habis ngelahirin

    ReplyDelete

Anda Sopan Kami Segan!..
- No Spam
- No Porno
- No Like Aktif

 
Top