kesehatan
Asalam mualaikum sobat!. Tumbuhan ini merupakan tanaman menahun, berambut halus, tegak, tinggi mencapai 1 m, berbau tajam,menyenangi tanah yang cukup lembab dan kaya humus, tumbuh liar dihutan dan ladang, jenis yang bisa ditanam dipekarangan sebagai tanaman obat:artemisia argyi levl, et.vant..

* Klasifikasi..

  Baru cina disebut artemisia vulgaris L. yang termasuk kedalam famili compositea. tanaman ini dikenal dengan nama daerah jukut lokatmala, suket gajahan atau daun sudamala..

* Sifat kimiawi.

   Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, minyak menguap, alpha amirin, fanenol, dehydromatricaria ester, cineole, terpinen-4, 1-beta caryophylene, 1-quebrachitol. akar dan batang mengandung inulin yang terdiri dari artemose, cabang kecil mengandung oxytocim, yomogi alkohol, ridentin.

* Efek farmakologis.

    Tumbuhan ini bersifat: rasa dingin, menghilangkan sakit, menghentikan pendarahan ( hemostatik ), melancarkan peredaran darah, mencegah keguguran, mengatur menstruasi. dalam farmakologi cina disebut tumbuhan ini memiliki rasa pahit, pedas dan hangat. herba ini masuk meridianginjal, paru dan limpa.

* Penyakit yang dapat disembuhkan:

- Badan lemas sehabis melahirkan
- Lemas syahwat
- Ayan ( epilepsi )
- Sakit tenggorokan
- Disentri
- Menstruasi berlebihan
- Mencegah keguguran
- Mempermudah persalinan
- Muntah darah ( haematemesis )

* Cara penggunaannya.

   Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut:

* Badan lemas sehabis melahirkan

   Pohon baru cina 4 pohon, rebus dalam 6 gelas air sampai tersisa 2 gelas. diminum sehri 2 kali 1 gelas sebelum makan.

* Lemah syahwat

   Biji baru cina 15-45 gr digiling halus, makan

* Ayan ( epilepsi )

  Segenggam akarartemisia tambah 1 ibu jari gula enau tambah 4 gelas air, rebus menjadi 2 gelas sehari 2 kali 1 gelas

* Sakit tenggorokan

  Herba segar ditumbuk, peras, minum airnya.

* Disentri

  Baru cina tambahkan jahe segar, direbus sampai kental, minum 3x

* Menstruasi berlebihan.

   Tanaman baru cina 10-30 gr, rebus, minum

* Mencegah keguguran

  Tanaman baru cina 10-30 gr, rebus, minum

* Mempermudah persalinan

  Tanaman baru cina 10-30 gr, rebus, minum

* Muntah darah

  Tanaman baru cina 10-30 gr, rebus, minum 

Perhatian:
  Bagi yang tidak cocok, minum rebusan artemisia argyi, mempunyai keluhan mulut kering, rasa tidak enak dilambung, mual, muntah, mencret dan pusing. gejala ini dapat dihilangkan dengan menggunakan minyak daun artemisia argyi..baca manfaat dan kegunaan tumbuhan lain nya disini atau Di mari

43 komentar:

  1. banyak sekali kegunaan perubatan pokok ni yer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas silahkan budidayakan aj tumbuhan ini kelak pasti bermanfaat

      Delete
  2. bagus juga nih tumbuhannya, cara bisa dapetinnya gimana ya gan? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tumbuhan ini agak sulit mas, kalu cra untuk dapatinnya kta harus seling belusukan hutan

      Delete
  3. Ternyata semua yang diciptakan allah itu bermanfaat untuk manusia ya :D banyak sekali manfaatnya :D tumbuhan cina ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas semoga bermanfaat untuk masyakat indonesia

      Delete
  4. kira'in ada tumbuhan baru di cina, ternyata namanya yia bos, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas makasih atas silahturahmi nya

      Delete
  5. kegunaannya bnyak banget ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas simpan aj resep obat ini kelak sangat berguna

      Delete
  6. yang alami emang lebih ampuh gan (o)

    ReplyDelete
  7. wah banyak sekali ya mas kegunaan tumbuhan baru cina nie, thanks mas atas sharing infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas semoga bermanfaat dan berguna

      Delete
  8. bleh buat rferensi nih manfaatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mas untuk saat ini tumbuhan helbal sangat berguna

      Delete
  9. yoi mas untuk saat ini tumbuhan helbal sangat berguna

    ReplyDelete
  10. saya kirain tadi tumbuhan yang baru,ternyta nama tumbuhannya baru cina, kayak semacam terami ramuan ya mas,karena kandungan tumbuhannya banyak manfaat buat penyembuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bak msemoga bermanfaat dan bisa membantu

      Delete
  11. bisa untuk sakit tenggorokan juga yah mas tumbuhan ini, boleh dicoba nih, makasih sharingnya mas :)

    ReplyDelete
  12. Suket gajahan memang sangat terkenal dalam pengobatan alternatif Mas, Terimakasih telah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas semoga bermanfaat articel nya

      Delete
  13. ternyata kegunaannya banyak juga ya mas
    terima kash ya utk infonya :)

    ReplyDelete
  14. sepertinya saya pernah melihat tumbuhan tersebut di daerah saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung ambil aj mas trus di budidayakan tumbuhan ini juga laku..

      Delete
  15. banyak bermanfaat tumbuhan baru cina ini ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi kak semogga bermanfaat dan berguna..

      Delete
  16. Waah untuk mncarinya harus belusukan ke hutan ya mas... harus kita budidayakan sebelum habis mas. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip mas langsung budidayakan sebanyak banyak nya mas mumpung masih ada

      Delete
  17. Waaah saya belum pernah lihat tumbuhan itu mas. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak sih mas padahal tumbuhan ini sering kita jumpai lo mas

      Delete
  18. jujur saya belum pernah liat tumbuhan itu, tapi manfaatnya banyak juga ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mas tumbuhan ini bukan hanya banyak manfaat nya, tapi juga mengandung beberapa khasiat tersembunyi

      Delete
  19. mantap gan berguna bngt tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas makasih atas kunjugan nya

      Delete
  20. nyari tumbuhan ini kayaknya susah deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob emang agak susah soal nya mulai punah tumbuhan ini

      Delete
    2. Betul banget gan, memang kayaknya udah mulai punah ni tumbuhan. Ane terakhir liat tumbuhan seperti ini kalau gak salah pas saya masih SD.

      Delete
  21. banyak banget kegunaan dari tumbuhan cina ini... (o)

    ReplyDelete
  22. Ouw tumbuh an liar,iya tumbuhan liar ternyata bermanfaat juga ya mas??. Hehehe jarang yang tahu. Yang ini apa namanya mas?,kayaknya gak ada.

    ReplyDelete

Anda Sopan Kami Segan!..
- No Spam
- No Porno
- No Like Aktif

 
Top